Powered By Blogger

Minggu, 04 Desember 2016

Cara Menggunakan Fungsi Sum di Microsoft Excel

Menggunakan fungsi SUM di Excel adalah cara termudah untuk menghemat waktu Anda.

Metode 1.  

Menulis Formula Sum

1. Putuskan kolom angka atau kata yang ingin ditambahkan

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 1

2. Pilihlah sel tempat jawaban akan diisi.

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 2

3. Ketikkan tandan sama dengan lalu SUM. Seperti ini: =SUM

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 3

4. Ketikkan referensi sel pertama, titik dua, lalu referensi sel terakhir. Seperti ini: =Sum(A2:A4).
Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 4

5. Tekan enter. Excel akan menjumlahkan angka dalam sel A2 hingga A4

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 5

Metode 2

Menggunakan AutoSum

1. Untuk menjumlahkan sebuah kolom atau baris angka lengkap yang berurutan, gunakan       AutoSum. Klik ke dalam sel pada akhir daftar yang ingin Anda tambahkan (di bawah atau     di samping nomor yang diberikan).
  • Pada Windows, tekan Alt dan = di waktu bersamaan.
  • Pada Mac, tekan Command dan Shift dan T di waktu bersamaan.
  • Atau di komputer mana pun, Anda dapat memilih tombol Autosum dari menu/pita Excel.
Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 6

2. Pastikan bahwa sel-sel yang disorot adalah sel-sel yang ingin dijumlahkan.

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 7

3. Tekan enter untuk hasilnya.

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 8


Metode 3

Menyalin Fungsi Sum ke Kolom Lain

1. Jika ada beberapa kolom yang akan menambahkan, tempatkan kursor tetikus ke kanan       bawah sel yang baru saja selesai dijumlahkan. Kursor akan berubah menjadi tanda plus       hitam tebal.

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 9

2. Tahan tombol kiri tetikus dan tetap tekan saat ditarik ke semua sel yang ingin ditambahkan.

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 10


3. Pindahkan kursor tetikus ke sel terakhir, lepaskan tombol. Excel akan mengisi otomatis sisa formulanya!

Gambar berjudul Use the Sum Function in Microsoft Excel Step 11


Tips

  • Begitu Anda mulai mengetik setelah tanda =, Excel akan menunjukkan daftar tarik-turun fungsi-fungsi yang tersedia. Klik sekali dengan tombol kiri tetikus, dalam hal ini, pada SUM untuk menyorotnya.
  • Gunakan titik dua menggantikan kata TO, misalnya, B4 TO B7.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar