Powered By Blogger

Jumat, 02 Desember 2016

CARA MEMBUAT FUNGSI ASIN DAN ASINH DALAM MICROSOFT EXCEL

         Apa itu Microsoft Excel ? bagi anda yang baru mengenal komputer atau perangkat Office pasti banyak yang bertanya-tanya tentang aplikasi tersebut. Microsoft Excel merupakan sebuah program yang tergabung dalam Microsoft Office yang memiliki fungsi untuk pengolahan data berupa hitungan maupun grafik.
         Program Microsoft Excel ini memungkinkan anda bisa membuat lembar kerja spreadsheet dengan mudah yang dilengkapi fitur kalkulasi hitungan akurat maupun grafik. Hingga saat ini, software Microsoft Excel ini masih sangat populer digunakan untuk orang kantoran.
         Hal itu tidak terlepas dari Microsoft Office yang kompatibel dengan berbagai platform sistem operasi saat ini, seperti android, Windows, maupun Mac OS.
         Pada kesempatan kali ini kita ingin membahas tentang salah satu fungsi yang ada pada Microsof Excel, yakni Fungsi ASIN dan ASINH. Kira-kira apa ya kegunaan dari kedua fungsi tersebut ? penasaran ? simak ulasannya Rumus Excel tersebut dibawah ini.

FUNGSI ASIN DAN ASINH

         Kita bahas terlebih dahulu tentang fungsi ASIN, adalah berfungsi untuk mengembalikan arka sinus, atau nilai inversi sinus dari sebuah bilangan. Arka sinus merupakan sudutu yang pada bagian sinusnya itu berupa angka.  Sudut yang akan dikembalikan nanti diberikan dalam satuan radian dalam rentang –pi/2 hingga pi/2.
         Fungsi ASIN ini memiliki sintak = ASIN(Angka). Angka dalam sintak ini sangat diperlukan, angka tersebut nantinya berisi angka yang akan anda hitung. Perlu anda ingat, sinus sudut yang anda inginkan harus memiliki nilai mulai -1 hingga 1 saja.
         Sementara untuk fungsi ASINH, adalah berfungsi untuk mengembalikan nilai invers sinus hiperbolik bilangan. Nilai inversi sinus hiperbolik merupakan nilai yang sinus hiperbolinya tersebut berupa angka. Fungsi ASINH ini memiliki sintaks : ASINH(Number).
         Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak contoh soal Fungsi ASIN dan ASINH yang kita bagikan dibawah ini :

FUNGSI ASIN

Langkah pertama, silahkan anda membuat tabel seperti dibawah ini,
fungsi ASIN

FUNGSI ASINH

         Masih sama seperti contoh Fungsi ASIN diatas, jadi sebelum melakukan penghitungan silahkan terlebih dahulu anda membuat tabel seperti dibawah ini
fungsi ASINH


Pada kolom B4 silahkan anda masukkan contoh angka seperti ini : Nilai inversi sinus hiperbolik -4,5
Selanjutnya pada kolom B5 silahkan anda masukan contoh angka sperti ini : Nilai inversi sinus hiperbolik 20
Lalu untuk penghitungannya, pada bagian kolom hasil yakni C4, silahkan anda masukkan rumus berikut ini : =ASINH(-4,5), lalu tekan enter
Dan pada kolom hasil C5, masukkan rumus berikut ini : =ASINH(20), lalu tekan enter
Jika sudah, maka anda akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini :
rumus ASINH

         Setiap angka diatas bisa anda ganti dengan menyesuaikan yang anda inginkan, namun perlu anda ingat, jika anda mengganti angka hitungannya, maka angka yang ada didalam rumus juga harus diganti ya.

Demikian ulasan dari kami tentang Fungsi ASIN dan ASINH, semoga dapat bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar